Pelatihan Efikasi Diri Aku Mampu, Aku Bisa Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Pada Siswa Sma Di Banjarmasin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri Aku Mampu, Aku Bisa dalam meningkatkan self regulated learning pada siswa SMA N “X” Banjarmasin. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian pelatihan efikasi diri Aku Mampu, Aku Bisa untuk meningkatkan self regulated learning pada siswa yang diberikan perlakuan pelatihan efikasi diri Aku Mampu, Aku Bisa dan kelompok yang tidak diberikan perlakuan pelatihan efikasi diri Aku Mampu, Aku Bisa. Penelitian ini menggunakan desain pretes-posttest control group design. Responden dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 14 siswa dalam kelompok eksperimen dan 14 siswa dalam kelompok kontrol. Pengukuran dilakukan pada prates, pascates, dan tindak lanjut menggunakan skala self regulated learning. Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa ada perbedaan self regulated learning siswa yang diberikan pelatihan dengan yang tidak pelatihan. Hasil tersebut dapat dilihat dari analisa statistik yang telah dilakukan dengan nilai kelompok eksperimen 0,000 (p < 0,05) dan nilai kelompok kontrol 0,292 (p < 0,05). Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan efikasi diri Aku Mampu, Aku Bisa memiliki pengaruh dalam meningkat self regulated learning pada siswa SMA.
Collections
- Master of Psychology [344]