PEMBENTUKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya minat baca baik di
masyarkat maupun di kalangan pelajar. Pada pelajar pada saat ini selain memiliki
minat baca yang rendah ternyata juga memiliki karakter yang rendah, hal ini dapat
dilihat dari banyaknya tawuran antar pelajar, mencontek bahkan sampai perbuatan
zina. Melihat permasalahan tersebut perlunya adanya sebuah gerakan yang dapat
mengatasi permasalahan tersebut yang dapat di laksanakan di sekolah-sekolah. Salah
satu gerakan yang dapat mengatasi persoalan tersebut adalah gerakan literasi yang
didalamnya disisipi pembentukan nilai-nilai karakter.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu landasan teori
dijadikan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta dilapangan.
Untuk mendapatkan datanya, penelitian ini menggunakan cara: observasi,
wawancara, dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan
berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh.
Teknik analisis yang dilakukan meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan dalam gerakan literasi sekolah yang dilakukan
di SMA N 1 Kota Mungkid terdapat beberapa pembentukan nilai-nilai pendidikan
karakter yang di sisipkan dalam gerakan literasi sekolah. Nilai-nilai karakter tersebut
adalah : (1) religius, (2) jujur, (3) disiplin, (4) mandiri, (5) demokratis, (6) rasa ingin
tahu, (7) cinta tanah air, (8) gemar membaca, (9) tanggung jawab. Setelah tiga
semester berjalan hasil dari pembentukan karakter melalui gerakan literasi sekolah
adalah sebagai berikut : (1) religius, (2) jujur, (3) disiplin, (4) mandiri, (5) rasa ingin
tahu, (6) gemar membaca, (7) tanggung jawab
Collections
- Islamic Education [864]