Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Drs. H. Ahmad Darmadji, M.Pd.
dc.contributor.authorWidyaningsih Tri Kurniawati, 15913143
dc.date.accessioned2020-02-18T02:51:45Z
dc.date.available2020-02-18T02:51:45Z
dc.date.issued2020-01-16
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/18192
dc.description.abstractYang melatarbelakangi penelitian ini adalah dalam implementasi Kurikulum 2013, pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam seluruh pembelajaran pada setiap bidang studi yang terdapat dalam kurikulum. Materi pembelajaran yang berkaitan dengan norma atau nilai-nilai pada setiap bidang studi perlu dikembangkan, dieksplisitkan, dihubungkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 1 Purworejo merupakan salah satu Madrasah yang menerapkan Kurikulum 2013 sejak tahun 2015 dengan pembelajaran tematik. Dimana Madrasah ini memiliki komitmen untuk membekali seluruh siswanya dengan pendidikan karakter seperti yang tertuang dalam visi Madrasah yaitu terwujudnya generasi muslim yang religius, jujur, kerja keras, cerdas dan peduli. Namun demikian, berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara, masih ada beberapa anak yang belum memiliki sikap tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Bagaimana upaya guru dalam mengimplementasikan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MIN 1 Purworejo? 2). Bagaimana hasil implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik terhadap Siswa Kelas V di MIN 1 Purworejo? Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan merupakan kajian lapangan (field research). Teknik analisis dalam penulisan ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Upaya guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik adalah dengan membuat perencananan yang matang sebelum melakukan pembelajaran. Menerapkan strategi inkluisi dan strategi keteladanan dalam pembelajaran. 2). Hasil dari implikasi pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik adadlah terbetuknya sikap spritual dan sosial pada peserta didik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectkurikulum 2013en_US
dc.subjectkarakteren_US
dc.titleIMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V DI MIN 1 PURWOREJOen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record