IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MEMBACA BERIMBANG PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH JOGOTAMU LOANO PURWOREJO
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pada pemahaman bacaan anak yang masih kurang, anak kurang berminat membaca pada kelas awal. Pada tahun 2016 Madrasah Ibtidaiyah Jogotamu tersebut mendapatkan pelatihan membaca berimbang. Pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan membaca pada kelas awal. Dengan pembiasaan membaca berimbang diharapkan keterampilan membaca anak meningkat.Tujuan dari penelitian ini adalah penerapan pembiasaan membaca berimbang pada kelas awal yaitu kelas 1,2,dan 3 serta tentang keefektifan pembiasaan membaca berimbang pada kelas awal. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini bertempat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jogotamu Loano Purworejo. Hasil penelitian dalam kegiatan membaca berimbang ada tiga kegiatan yaitu membaca bersama, membaca terbimbing, dan membaca mandiri. Penggunaan buku yang berjenjang membantu siswa dalam pemahaman bacaan. Terbukti dengan indicator yang peneliti buat berdasar teori membaca berimbang menghasilkan hasil yang memuaskan yaitu 84% 16 % kurang memuaskan. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan dengan pembiasaan membaca berimbang efektif untuk dilaksankan dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.
Collections
- Islamic Education [861]