STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI MI IMAM PURO SUTORAGAN KEMIRI PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018-2019
Abstract
MI Imam Puro Sutoragan Kemiri merupakan sekolah yang berada di bawah naungan Ma’arif yang mana dalam proses pembelajarannya selalu mengedepankan pelajaran agama. Di MI Imam Puro mempunyai progam unggulan yaitu tahfidzul Qur’an. Dengan adanya progam tersebut diharapkan para siswa tidak hanya hafal terhadap ayat-ayat al-Qur’an tetapi juga bisa mengamalkan isi kandungan ayat suci al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengkaji secara mendalam terkait dengan strategi guru dalam dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di MI Imam Puro Sutoragan Kemiri Purworejo, selain itu juga menganalisa dampak dari strategi guru dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di MI Imam Puro Sutoragan Kemiri Purworejo.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu lebih menekankan realitas sosial sebagai sesuatu yang utuh, komplek, dinamis, dan bersifat interaktif, untuk meneliti kondisi obyek yang alamiah. Cara yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumen. Dalam pengujian keabsahannya peneliti menggunakan tekhnik credibility, transferability, dependability dan confirmability agar dapat menjadikan kesimpulan yang didinginkan.
Dibagian akhir, peneliti meangambil sebuah kesimpulan bahwa strategi guru dalam pembelajaran tahfidzul qur’an akan dicapai dengan maksimal, jika tahapan perencenaan, pelaksanaan dan evaluasi dilakukan dengan konsep yang baik dan tersruktur. Sehingga dari strategi pembelejaran tersebut, nantinya akan muncul generasi tahfidz qur’an yang pandai memahami dan menghafalkan ayat-ayat yang ada di dalam Al-Qur’an serta memiliki kepribadian yang mencerminkan insan qur’ani. Insan yang memiliki kepribadian qur’ani merupakan insan yang dalam berperilaku berpedoman pada kepribadian Tuhannya.
Collections
- Islamic Education [862]