PENGEMBANGAN SIKAP DISIPLIN SISWA MELALUI PEMBIASAAN HAFALAN AL-QUR’AN DI MI TAKHASSUS MA’ARIF NU PRAPAGKIDUL PITURUH PURWOREJO
Abstract
MI Takhassus Ma’arif NU Prapagkidul, Pituruh, Purworejo adalah sekolah atau madrasah yang menerapkan kegiatan hafalan Al-Qur’an sebagai kegiatan rutinitas setiap minggu. Berdasarkan hasil dari penerapan pembiasaan hafalan Al-Qur’an dapat meningkatkan disiplin siswa, karena siswa wajib mengikuti hafalan Al-Qur’an. Sikap disiplin siswa ini terlihat dari kedisiplinan waktu, berpakaian dan beribadah. Selain itu pembiasaan hafalan Al-Qur’an juga dapat memperbaiki bacaan Al-Qur’an siswa. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif, yaitu lebih menekankan realitas sosial sebagai sesuatu yang utuh, komplek, dinamis, dan bersifat interaktif, untuk meneliti kondisi obyek yang alamiah. Adapun pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan fenomenologis secara konseptual yaitu sebuah studi tentang penampakan sebuah obyek, peristiwa, atau kondisi dalam persepsi individu. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumen. Dalam pengujian keabsahannya peneliti menggunakan tekhnik credibility, transferability, dependability dan confirmability agar dapat menjadikan kesimpulan yang diinginkan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pembiasaan hafalan Al-Qur’an mudah membentuk sikap disiplin siswa di MI Takhassus Ma’arif NU Prapagkidul, Pituruh, Purworejo, baik mengenai disiplin waktu, disiplin berpakaian dan disiplin beribadah.
Collections
- Islamic Education [862]