ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI PEMBELIAN TIKET FILM TIX.ID DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini “bertujuan untuk untuk menganalisis dan mengetahui
pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, persepsi keamanan,
persepsi kepercayaan dan persepsi risiko terhadap minat konsumen untuk
menggunakan TIX.ID dalam pembelian tiket bioskop. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa yang memiliki dan menggunakan
aplikasi TIX.ID dalam pembelian tiket bioskop di Yogyakarta. Sampel penelitian
ini adalah 100 mahasiswa yang menggunakan aplikasi pembelian tiket bioskop
secara online melalui TIX.ID yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang
diteliti. Teknik penarikan sampel menggunakan judgement sampling, yaitu teknik
pengambilan sampel berdasarkan pilihan subjek penelitian yang paling
menguntungkan atau berada pada posisi yang paling memungkinkan untuk
memberikan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti dengan pertimbangan adalah
mahasiswa yang benar-benar telah memiliki dan menggunakan aplikasi Tix.id.
Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Analisis Regresi Linier Berganda .
Hasil penelitian menemukan bahwa 1) terdapat pengaruh positif
signifikan persepsi kemudahan dalam penggunaan (perceived ease of use)
terhadap minat mahasiswa untuk menggunakan TIX.ID dalam pembelian tiket
bioskop, 2) terdapat pengaruh positif signifikan persepsi manfaat terhadap minat
mahasiswa untuk menggunakan TIX.ID dalam pembelian tiket bioskop, 3)
terdapat pengaruh positif signifikan persepsi keamanan terhadap minat mahasiswa
untuk menggunakan TIX.ID dalam pembelian tiket bioskop, 4) terdapat pengaruh
positif signifikan persepsi kepercayaan terhadap minat mahasiswa untuk
menggunakan TIX.ID dalam pembelian tiket bioskop dan 5) terdapat pengaruh
negatif signifikan persepsi risiko terhadap minat mahasiswa untuk menggunakan
TIX.ID dalam pembelian tiket bioskop.
Collections
- Akuntansi [4478]