Perilaku Lentur Kuda-Kuda Rangka Batang Profil Lipped Channel Bentukan Dingin
Abstract
Kuda-kuda rangka batang (truss) adalah suatu struktur kerangka yang
terdiri dari sejumlah tertentu batang-batang yang dihubungkan satu sama lain
dengan perantara litik-lilik simpul yang berupa sendi lanpa gesekan dimana
gaya-gaya luar bekerja melalui titik-titik ini. Tujuan daripenelitian ini adalah (l)
membandingkan kekuatan kuda-kuda rangka Howe, Pratt, dan I'Ink, (2)
mendapatkan diagram beban-de/ormasi kuda-kuda rangka Howe, J*rait dan Fink
serta membandingkan kekakuan ketiga rangka tersebut, (3) mendapatkan
diagram momen-kelengkungan setiap kuda-kuda (Howe, Pratt, danPink).
Pengujian eksperimental menguji perilaku lentur kuda-kuda rangka
batang dengan bentuk Howe, Pratt, dan Pink, yailu hubungan beban lendutan (PA)
dan momen kelengkungan (M-§). Dan pengujian ini akan diketahui kekakuan
struktur rangka hatangnya.
Pada penelitian eksperimental mi menggunakan 3 variasi bentuk kudakuda
rangka batang dengan profil yang sama yailu 76.x44.xl I dan tebal profil 1
mm, bentang6 m, dansudul kemiringan 22°.
Berdasarkan eksperimen yang dilakukan dapat diketahui bahwa kekuatan
benda uji (Fink Truss - 9,9 kN, Howe Truss 9,8 kN, Pratt Truss 9 kN) dan
kekakuan benda uji pada pembebanan 9 KN (Fink Truss 0,64 kNmm, Pratt
Truss 0,73 kN mm, Howe Truss 0,83 kN mm), sehingga perbandingan
kekakuan Fink Truss, Pratt Truss dan Howe Truss adalah 29,09%, 33,J8% dan
37,73%.
Hasil eksperimental tnenunjukan bahwa kon/igurasi batang dmding
berpengaruh pada kekakuan struktur rangka batang. Hal ini tnenunjukan bahwa
salah satu model mempunyai kekakuan yang lebih baik atau mempunyai kekakuan
yang lebih besar dan model yang lain, sehingga dalam penilitian mi disimpulkan
bahwa, dari ke-3 model benda uji, yailu rangka batang Howe mempunyai
kekakuan yang lebih besar dari rangka batang Pratt dan Fink.
Collections
- Civil Engineering [4195]