INTISARl Kuda-kuda rangka batang (truss) adalah suatu struktur kerangka yang terdiri dari sejumlah tertentu batang-batang yang dihubungkan satu sama lain dengan perantara litik-lilik simpul yang berupa sendi lanpa gesekan dimana gaya-gaya luar bekerja melalui titik-titik ini. Tujuan daripenelitian ini adalah (l) membandingkan kekuatan kuda-kuda rangka Howe, Pratt, dan I'Ink, (2) mendapatkan diagram beban-de/ormasi kuda-kuda rangka Howe, J*rait dan Fink serta membandingkan kekakuan ketiga rangka tersebut, (3) mendapatkan diagram momen-kelengkungan setiap kuda-kuda (Howe, Pratt, danPink). Pengujian eksperimental menguji perilaku lentur kuda-kuda rangka batang dengan bentuk Howe, Pratt, dan Pink, yailu hubungan beban lendutan (P­A) dan momen kelengkungan (M-§). Dan pengujian ini akan diketahui kekakuan struktur rangka hatangnya. Pada penelitian eksperimental mi menggunakan 3 variasi bentuk kuda­kuda rangka batang dengan profil yang sama yailu 76.x44.xl I dan tebal profil 1 mm, bentang6 m, dansudul kemiringan 22°. Berdasarkan eksperimen yang dilakukan dapat diketahui bahwa kekuatan benda uji (Fink Truss -9,9 kN, Howe Truss 9,8 kN, Pratt Truss 9 kN) dan kekakuan benda uji pada pembebanan 9 KN (Fink Truss 0,64 kNmm, Pratt Truss 0,73 kN mm, Howe Truss 0,83 kN mm), sehingga perbandingan kekakuan Fink Truss, Pratt Truss dan Howe Truss adalah 29,09%, 33,J8% dan 37,73%. Hasil eksperimental tnenunjukan bahwa kon/igurasi batang dmding berpengaruh pada kekakuan struktur rangka batang. Hal ini tnenunjukan bahwa salah satu model mempunyai kekakuan yang lebih baik atau mempunyai kekakuan yang lebih besar dan model yang lain, sehingga dalam penilitian mi disimpulkan bahwa, dari ke-3 model benda uji, yailu rangka batang Howe mempunyai kekakuanyanglebih besardarirangka batangPrattdan Fink. xvi