Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Raden Teduh Dirgahayu, S.T., M.Sc.
dc.contributor.authorFajar Novriansyah Yasir, 15917210
dc.date.accessioned2020-02-03T03:13:47Z
dc.date.available2020-02-03T03:13:47Z
dc.date.issued2019-10
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17823
dc.description.abstractMedia sosial merupakan bagian dari perkembangan teknologi yang menjadi wadah bagi informasi untuk disajikan dengan berbagai macam tujuan. Perkembangan media sosial memungkinkan orang-orang di berbagai tempat untuk saling berhubungan dan berbagi informasi. Fenomena tersebut memberikan dampak yang cukup besar terutama pada sektor pariwisata. Pengguna media sosial melihat itu sebagai sarana untuk membantu dalam pengambilan keputusan ketika mencari informasi terkait wisata. Meskipun demikian hal tersebut tidak serta merta membuat informasi wisata yang ada di media sosial diterima oleh setiap pengguna. Berbagai macam kendala seperti keabsahan informasi, maraknya peredaran informasi palsu, serta kredibilitas pemilik informasi, membuat pengguna media sosial semakin berhati-hati dalam memilih informasi yang beredar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan media sosial dalam memutuskan informasi wisata yang diterima. Pengadopsian model Perceived Value dan Transactive Memory System diharapkan mampu memperlihatkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pengguna media sosial ketika menemukan informasi. Pengujian pada penelitian ini dilakukan secara empiris dengan menggunakan data hasil survei dari 228 pengguna media sosial yang telah melakukan pencarian informasi wisata. Analisis dilakukan menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) yang menunjukkan hasil bahwa Perceived Value termasuk didalamnya Information Reliability, Enjoyment, Complexity dan Effort memiliki dampak positif terhadap penerimaan informasi wisata di media sosial. Namun, hal tersebut berbeda dengan hasil yang ditunjukkan oleh variabel Transactive Memory System (TMS). Terdapat tiga variabel yang digunakan yaitu Specialization, Coordination dan Credibility, akan tetapi hanya satu yang memberikan pengaruh yaitu Credibility.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectmedia sosialen_US
dc.subjectperceived valueen_US
dc.subjecttransactive memory systemen_US
dc.subjectinformasi wisataen_US
dc.titlePENGARUH PERCEIVED VALUE DAN TRANSACTIVE MEMORY SYSTEM TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI WISATAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record