REDESAIN SEKOLAH INKLUSIF UNTUK ANAK SINDROM AUTIS DI SMP BUDI MULIA DUA DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT REDESIGN OF INCLUSIVE SCHOOLS FOR CHILDREN WITH AUTISM SYNDROME AT BUDI MULIA DUA MIDDLE SCHOOL WITH HEALING ENVIRONMENT APPROACH
Abstract
Sekolah merupakan salah satu wadah untuk anak mengembangkan kemampuan dan kepribadiannya. Terdapat berbagai macam sekolah yang memiliki kurikulum berbeda salah satunya sekolah inklusif. Perancangan ini merupakan rancangan ulang dari desain sekolah SMP Budi Mulia Dua sebagai salah satu sekolah inklusif di Yogyakarta. Perancangan menggunakan pendekatan Healing Environment sebagai acuan untuk merancangan bangunan agar mendukung proses perkembangan anak dan penyembuhan anak autis di SMP Budi Mulia Dua. Healing environment merupakan salah satu pendekatan yang menggunakan lingkungan sebagai komponen untuk mempercepat pemulihan kesehatan pasien atau mempercepat proses adaptasi pasien dari kondisi kronis dengan melibatkan efek psikologis pasien di dalamnya sehingga menghasilkan lingkungan yang sehat, well-being, dan menjadikan perilaku seseorang lebih baik didalamnya.