GURU AGAMA MENJADI ROLE MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI MAN YOGYAKARTA 1
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru agama menjadi
role model Pendidikan karakter bagi para siswanya dalam mengajar dikelas maupun
diluar kelas di MAN Yogyakarta 1.
Dalam pembelajaran seorang guru tidak hanya menyampaikan materi dan
menghukum, melainkan harus menjadi role model dalam pembelajaran karakter. MAN
1 yogyakarta sebagai salah satu Lembaga Pendidikan islam terbaik di Yogyakarta
diharapkan mencetak lulusan bermoral, berkarakter dan salami. Sehingga untuk
mencapai hal tersebut semua dewan guru mampu menjadi role model bagi para siswa
didiknya dan contoh bagi sekolah lain.
Penelitian ini bersifat diskriptif kualitiatif yang prosedur pemecahan masalah
diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan subyek penelitian pada saat
sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagai mana adanya. Sumberdata
pada penelitian ini adalah Ibu Yayuk sebagai guru akidah akhlak dan pimpinan pondok
putri di MAN 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan
wawancara dan observasi di lokasi penelitian.
Seorang guru harus memberikan contoh dengan baik dan benar, tidak hanya
memberi contoh tapi sebagai role model dalam memberikan Pendidikan, dari datang di
sekolah hingga pulang sekolah, semua proses dilakukan di dalam maupun di luar kelas,
sehingga para siswa bisa melihat dan meniru sang guru bertindak, berinterasi dan
menjalankan ibadah serta mengikuti peraturan sekolah. Tidak hanya ketika
memberikan pelajaran tetapi ketika menegur dan memberikan hukuman juga
menggunakan Bahasa yang baik.
Collections
- Islamic Education [862]