Analisis Pemanfaatan Smartphone Dalam Menerapkan Marketing 3.0 Berdasarkan Teori Difusi Inovasi (Studi Deskriptif Kualitatif)
Abstract
Di era digital marketing saat ini pemasaran mengalami perubahan paradigma yaitu pemasaran menjadi lebih etis, mengutamakan kesejahteraan masyarakat, kejujuran dan sifat marketing 3.0 yang lebih sosial berbaur kepada masyarakat. Marketing 3.0 merupakan sebuah manifesto baru untuk para marketer dengan meninggalkan paradigma lama menuju paradigma baru dalam proses pemasaran. Hadirnya marketing 3.0 memberi konsekuensi kesiapan khususnya di Indonesia dalam menghadapi tantangan bisnis. Marketing 3.0 atau yang biasa disebut marketing modern ini akan diterapkan dengan sangat baik dengan dukungan teknologi smartphone untuk meningkatkan kinerja. Terfokus pada bagian marketing atau pemasaran seperti di Rumah Susu. Rumah Susu merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang kuliner yang dengan menerapkan marketing 3.0 diharapkan bisa lebih baik dan maju, tentunya dengan memanfaatkan teknologi smartphone untuk kelancaran proses pemasaran. Pengambilan keputusan penerapan dilakukan berdasarkan teori difusi inovasi yang dipertimbangkan melalui beberapa aspek yaitu aspek pengetahuan, aspek persuasi, aspek keputusan, aspek implementasi dan aspek konfirmasi serta empat elemen proses difusi yaitu inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu dan sistem sosial.