TANGGUNG JAWAB PT. J&T EXPRESS CABANG PRAWIROKUWAT SELAKU PENGANGKUT TERHADAP ANGKUTAN BARANG YANG TERLAMBAT SAMPAI KE TUJUAN DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penulisan ini berjudul TANGGUNG JAWAB PT. J&T EXPRESS CABANG PRAWIROKUWAT SELAKU PENGANGKUT TERHADAP ANGKUTAN BARANG YANG TERLAMBAT SAMPAI KE TUJUAN DI KOTA YOGYAKARTA. Perkembangan pengiriman barang di Indonesia saat ini sangatlah pesat. Masyarakat Indonesia saat ini mempercayakan barangnya untuk dikirim melalui ekspeditur yang saat ini telah banyak ditemui. Namun, dalam proses pengiriman barang terjadi keterlambatan sehingga menimbulkan kerugian bagi konsumen yang menggunakan jasa ekspeditur. Obyek penelitian ini adalah PT. J&T Express Cabang Prawirokuwat. Rumusan masalah yang diajukan yaitu bagaimana tanggung jawab pihak ekspeditur dalam hal terjadi kerugian berupa keterlambatan terhadap angkutan barang di PT. J&T Express Cabang Prawirokuwat Yogyakarta. Bagaimana upaya penyelesaian hukum yang dapat ditempuh oleh pengirim/penerima dalam hal terjadinya kerugian terhadap angkutan barang pada pengangkutan di PT. J&T Express Cabang Prawirokuwat Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan studi hukum empiris. Sumber data penelitian ini adalah wawancara dan studi pustaka.metode pendekatan penelitian ini adalah yuridis empiris. Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat ganti kerugian atas keterlambatandan besaran ganti ruginya meskipun telah diatur dalam KUHD, KUHPerdata, dan Undang Undang Perlindungan Konsumen. Penyelesaian sengketa yang dilakukan PT. J&T Express Cabang Prawirokuwat Yogyakarta adalah dengan negosiasi. Namun,hasil dari negosiasi mengatakan bahwa pihak PT. J&T Express Cabang Prawirokuwat Yogyakarta mengambil keputusan secara sepihak. Sehingga negosiasi yang dilakukan masih merugikan konsumen.
Collections
- Law [2308]