dc.contributor.advisor | Sujitno, S.H., M.Hum. | |
dc.contributor.advisor | Riky Rustam, S.H., M.Hum. | |
dc.contributor.author | LAKSMI DYAH MAHARANI, 12410362 | |
dc.date.accessioned | 2020-01-28T07:57:42Z | |
dc.date.available | 2020-01-28T07:57:42Z | |
dc.date.issued | 2019-10-15 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/17576 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan konsumen
pembeli barang yang di promosikan melalui Instagram dan kemudian akun
penjual tidak dapat diakses setelah dilakukan pembayaran. Rumusan
masalah yang diajukan yaitu mengenai bagaimana perlindungan konsumen
pembeli barang yang di promosikan melalui Instagram dan kemudian akun
penjual tidak dapat diakses setelah dilakukan pembayaran. Penelitian ini
termasuk tipologi penelitian hukum normatif. Data pengumpulan bahan
hukum dilakukan dengan cara studi pustaka/dokumen yaitu, kegiatan
menelusuri dan mengkaji berbagai peraturan perundang-undangan atau
literatur yang berhubungan dengan permasalahan penelitian. Analisis
dilakukan dengan pendekatan Undang-Undang Konsumen dan pendekatan
konseptual, dimana data diperoleh dari studi pustaka yang akan
dikembangkan. Hasil studi ini menunjukkan bahwa berbagai masalah yang
merugikan konsumen pada dasarnya disebabkan oleh kelemahan
konsumen dikarenakan minimnya pengetahuan terhadap kemajuan
teknologi serta kurangnya tingkat kewaspadaan konsumen ketika akan
melakukan transaksi jual-beli dengan media online , sebab masih banyak
penjual yang memanfaatkan kelengahan konsumen dalam berbelanja.
Pembeli seharusnya dapat membedakan akun yang memang diperuntukkan
untuk bisnis dengan akun yang bersifat pribadi di dalam Instagram. Hal ini
dikarenakan perbedaan akun tersebut memberikan perlindungan hukum
yang berbeda terhadap konsumen. Pada dasarnya konsumen harus pintar
dan bijaksana dalam berbelanja. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | perlindungan hukum | en_US |
dc.subject | akun Instagram | en_US |
dc.title | PERLINDUNGAN KONSUMEN PEMBELI BARANG YANG DI PROMOSIKAN MELALUI AKUN PRIBADI INSTAGRAM YANG TIDAK DAPAT DIAKSES SETELAH DILAKUKAN PEMBAYARAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |