HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI AKADEMIK DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik
dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa di Yogyakarta. Hipotesis penelitian
menyatakan bahwa ada hubungan negatif antara efikasi diri akademik dan
prokrastinasi akademik, jika efikasi diri rendah maka prokrastinasi akademik akan
tinggi, begitupun sebaliknya. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif
angkatan 2015 dan 2016 yang sedang melaksanakan perkuliahan semester 5, 6
dan 7 di kota Yogyakarta. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Academic Procrastination Scale Short (APS-S) yang dikembangkan oleh
McCloskey (2011) sub-skala efikasi diri akademik dari MSLQ (Motivated
Strategies for Learning Questionnaire) yang dikembangkan oleh Pintrich, Smith,
dan McKeacie (1991). Metode analisis yang digunakan adalah metode corelation
Product moment spearman. Hasil analisi menunjukkan bahwa adanya hubungan
yang negatif antara efikasi diri akademik dan prokrastinasi akademik dengan nilai
koefisiensi r = -0.206 dan p = 0.016 (p < 0.01)
Collections
- Psychology [2270]