HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan game dan
motivasi belajar pada mahasiswa. Hipotesis dari penelitian ini adalah, terdapat
hubungan negatif antara kecanduan game dan motivasi belajar pada mahasiswa.
Subjek dalam penelitian ini merupakan 100 mahasiswa dari berbagai jurusan dan
universitas di Provinsi D.I. Yogyakarta, yang berusia 17 hingga 24 tahun. Skala
kecanduan game yang digunakan dalam penelitian ini Game Addiction Scale for
Adolescents diadaptasi bahasa dari Lemmens dkk (2009), sedangkan skala
motivasi belajar menggunakan Academic Motivation Scale (AMS) for college
diadaptasi bahasa dari Vallerand dkk (1993). Data dianalisis menggunakan SPSS
versi 22 untuk Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan
negatif antara kecanduan game dan motivasi belajar pada mahasiswa (r = -0.303* ,
p = 0.002).
Collections
- Psychology [2173]