HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Perilaku menyontek adalah suatu tindakan penyimpangan dan kecurangan yang
dilakukan oleh para siswa untuk memperoleh nilai yang lebih tinggi atas siswa
yang lain berupa melihat dan menyalin jawaban saat tes berlangsung atau dalam
pengerjaan tugas maupun laporan. Religiusitas merupakan sebuah istilah yang
menunjukan keterikatan atau keimanan seorang individu terhadap agama yang
dianutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas
dengan perilaku menyontek pada siswa sekolah menengah pertama. Hipotesis dari
penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara religiusitas dengan perilaku
menyontek pada siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini melibatkan 83
responden yang merupakan siswa di SMP X, SMP Y,dan SMP Z, baik laki-laki
maupun perempuan, serta berusia antara 13-15 tahun. Alat ukur yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Skala Religiositas milik Rayya serta Skala Perilaku
Menyontek milik McCabe, Trevino & Butterfield. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan negatif antara religiusitas dengan
perilaku menyontek pada siswa sekolah menengah pertama dengan koefisien
korelasi sebesar -0,130 dan signifikansi sebesar 0,122, maka hipotesis dalam
penelitian ini ditolak.
Collections
- Psychology [2174]