HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self esteem dan self
regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Responden
penelitian ini berjumlah 50 subjek. Penelitian ini menggunakan tiga skala, yaitu
(a) Skala prokrastinasi akademik dalam penelitian ini menggunakan Tuckman
Procrastination Scale (TPS) yang dikembangkan oleh Tuckman (1991) dan
diadaptasi oleh Mahardhika (2019) (b) Skala self esteem dalam penelitian ini
menggunakan alat ukur yang dikembangkan oleh Tafarodi dan Swann (2000) dan
diadaptasi oleh Novara (2018). Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi
product moment pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara
variabel self esteem dengan prokrastinasi akademik didapatkan koefisien korelasi
r= -0,324 dengan p= 0.022 (p<0.05). Semakin tinggi self esteem maka semakin
rendah perilaku prokrastinasi akademik. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan, maka hipotesis dalam penelitian ini “diterima”.
Collections
- Psychology [2174]