EVALUASI BEBAN KERJA KOGNITIF PADA SISTEM NAVIGASI VISUAL AUDITORI MELALUI PENGUKURAN FISIOLOGIS TERHADAP PERFORMANSI MENGEMUDI MENGGUNAKAN DRIVING SIMULATOR
Abstract
Gangguan telah diidentifikasi oleh National Highway Traffic Safety Administration
(NHTSA) sebagai faktor berpengaruh yang menyebabkan penurunan kewaspaadan saat
mengemudi dan hal itu dinilai sebagai perilaku mengemudi yang berisiko. Mengemudi
dengan perhatian penuh merupakan aktivitas utama yang dilakukan pengemudi namun
dengan adanya aktivitas tambahan mengemudi berupa penggunaan sistem navigasi
selama smengemudi terkait erat dengan kecelakaan lalu lintas terutama mobil. Dengan
demikian, masalah keselamatan pengemudi sekarang menjadi salah satu faktor penting
untuk mengetahui sistem navigasi yang efektif sebagai aktivitas tambahan disamping
aktivitas utamanya dalam mengemudi dalam mengemudi. Efektivitas sistem navigasi ini
dilihat melalui hubungan beban kognitif dengan pengukuran fisiologis berdasarkan
aktivitas gelombang otak saat mengemudi menggunakan electroencephalogram (EEG)
terhadap performansi mengemudi yang diukur menggunakan jumlah kesalahan hingga
mengetahui mana sistem navigasi yang paling efektif digunakan saat mengemudi. Metode
yang digunakan yaitu dengan melakukan pengukuran fisiologis menggunakan
electroencephalogram (EEG) serta menghitung jumlah kesalahan saat melakukan
eksperimen mengemudi menggunakan driving simulator. Hasil menunjukkan bahwa
terdapat hubungan beban kerja kognitif dengan perbedaan yang signifikan dalam
kelompok mengemudi tanpa navigasi, mengemudi dengan navigasi auditori, visual, dan
visual auditori. Namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam kelompok jumlah
kesalahan pengemudi dalam kelompok mengemudi tanpa navigasi, mengemudi dengan
navigasi auditori, visual, dan visual auditori. Mengemudi menggunakan navigasi auditori
visual dinilai memiliki performansi aktivitas gelombang otak dan jumlah pelanggaran
dengan rata-rata tertinggi, sedangkan jumlah kecelakaan tertinggi terjadi ketika
mengemudi menggunakan navigasi visual yang disebabkan banyaknya intensitas melihat
ke arah lain.
Collections
- Industrial Engineering [2224]