PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP DAYA TANGKAP ANAK PRA SEKOLAH DI PGTK JOGJA KIDS PARK DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penggunaan gadget secara terus menerus akan berdampak buruk terhadap
pola pikir dan perilaku anak dalam kehidupan kesehariannya. Penggunaan gadget
dengan intesnitas yang tinggi akan menyebabkan dampak negatif yaitu menurunya
perkembangan sosial, kurang mobilitas, serta anak mengalami kesulitan untuk
berkonsentrasi karena otak anak sudah diforsir dengan penggunan gadget. Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan gadget
terhadap daya tangkap anak pra sekolah. Jenis penelitian kuantitatif dengan
rancangan analitik observasional. Penelitian dilaksanakan di PGTK Jogja Kids Park
Depok Sleman Yogyakarta. Sampel diambil dengan menggunakan total sampling.
Instrument penelitian menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisa data
yang digunakan yaitu univariat dengan distribusi frekuensi dan uji bivariat kendall
tau. Hasilnya,intensitas penggunaan gadget pada anak pra sekolah di PGTK Jogja
Kids Park dalam kategori sedang (47,6%), daya tangkap anak sebagian besar dalam
kategori sedang (66,7%). Uji kendall tau antara intensitas penggunaan gadget
terhadap daya tangkap anak didapatkan p-value 0,968 > 0,05. Artinya tidak ada
pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap daya tangkap anak pra sekolah.