Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta 2000-2003
Abstract
Aktivitas pasar modal yang semakin meningkat menjadikan infonnasi yang akurat dan relevan dalam pengambilan keputusan investasi semakin diperlukan. Salah satu informasi yang dianggap akurat dan relevan ada1ah rasio keuangan. Rasio keuangan yang sering digunakan dalam pengambilan keputusan investasi adalah PER (Price Earning Ratio). Sehingga analisis terhadap faktor-faktor tersebut terbadap Price Earning Ratio pada suatu perusahaan mempunyai arti penting bagi investor sebelum mengambil keputusan investasi.
Penelitian ini dilakukan terhadap data sekunder dan populasi yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ pada tahun 2000-2003 dan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Pada penelitian ini, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda dengan aji-t dan tingkat signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 variabel dependen yang dianalisis temyata hanya variabel devident payout ratio yang secara signifikan dapat mempengaruhi PER.
Collections
- Akuntansi [4399]