POLA PEMBELAJARAN KAJIAN KITAB FATḤUL QARῙB DI ASRAMA MAHASISWI KOMPLEK 6 PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA
Abstract
Pembelajaran fiqih menjadi salah satu ilmu yang penting untuk dipelajari
oleh umat Islam, mengingat pentingnya hal tersebut maka perlu memperhatikan
pola pembelajaran yang baik. Melalui pola pembelajaran dalam kajian kitab
Fatḥul Qarīb yang diadakan di Asrama Mahasiswi Komplek 6 Pondok Pesantren
Sunan Pandanaran para santri di berikan pendidikan ilmu-ilmu dalam kitab
Fatḥul Qarīb yang membahas tentang dasar hukum fiqih dalam kehidupan
sehari-hari, harapanya pola pembelajaran tersebut berdampak dalam
pembentukan kepribadian yang direalisasikan dalam bentuk sikap dan tingkah
laku yang baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari pengasuh, ustadz, dan perwakilan
santri mahasiswi angkatan 2016, 2017, dan 2018. Untuk mengetahui keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan datanya dengan
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa pola pembelajaran kajian kitab Fathul Qarib (1) Pola
pembelajaranya meliputi beberapa komponen yaitu tujuan pembelajaran, peserta
didik, pengajar, metode dan media yang digunakan, tahapan kegiatan, serta
evaluasi. (2) Dampak kitab Fatḥul Qarīb terhadap pemahaman fiqih Santri
adalah positif dalam meningkatkan pemahaman materi fiqih yang dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mengenai hal ibadah, meningkatkan rasa
syukur, lebih mudah mengontrol diri, dan mendekatkan hubungan persaudaraan.
Collections
- Islamic Education [860]