RANCANGAN PENERAPAN BLUE OCEAN STRATEGY SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS DI BIDANG KULINER
Abstract
Pertumbuhan jumlah industri rumah makan di Indonesia ini disebabkan karena daya jual dan daya
permintaan yang tinggi dari konsumen sehingga industri rumah makan ini berpengaruh besar
terhadap karkteristik konsumen dalam memilih rumah makan. Bisnis rumah makan selalu berupaya
mempertahankan pelayanan yang memadai ataupun meningkatkan pelayanan walau harus tidak
mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun, keluhan dari konsumen tetap ada seperti
ketidakpuasan terhadap pelayanan, kecepatan dalam penyajian, kebersihan ruangan, kenyamanan
tata letak, keramahan para karyawan atau pramusaji, dan fasilitas yang tersedia di suatu rumah
makan. Hal-hal demikian mampu memicu ketidakpercayaan dan ketidakpuasan terhadap suatu
produk/jasa sehingga konsumen menurun. Penerapan Blue Ocean Strategy (BOS) pada salah satu
rumah makan di Cilacap yaitu Rumah Makan Andalas diharapkan mampu menghadirkan strategi
alternatif dalam pengelolaan bisnis yang baik dalam meningkatkan kepuasan, kepercayaan dan
memenuhi kebutuhan konsumen. BOS digunakan untuk memenangkan pasar yang ada, dimana data
dikumpulkan dari hasil wawancara, observasi dan kuesioner Berdasarkan metode Blue ocean
dihasilkan 2 alternatif strategi bisnis yang dapat digunakan oleh Rumah Makan Andalas dalam
memenangkan persaingan bisnis. Usulan pertama yaitu dengan membuat inovasi produk baru
Rendang dalam kemasan kaleng dan usulan kedua yaitu pengadaan meeting room beserta wifi dan
segala kelengkapan utnuk memenuhi kebutuhan rapat.
Collections
- Industrial Engineering [2240]