Humas dalam Organisasi Olahraga : Konsep dan Aplikasi
Abstract
Komunikasi olahraga merupakan bidang ilmu yang relatif masih baru dalam kajian ilmu komunikasi. Apabila kita melakukan pencarian dengan mesin pencari di internet dengan mengetik kata kunci "komunikasi olahraga", maka hasil yang kebanyakan muncul adalah pembahasan tentang komunikasi interpersonal antara atlet dengan pelatih, atau atlet dengan rekan satu timnya. Bidang ini banyak diteliti dari disiplin ilmu keolahragaan.
Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi disiplin ilmu komunikasi karena belum banyak yang membahas mengenai bagaimana sebuah organisasi olahraga mengelola kegiatan komunikasi. Salah satu kegiatan komunikasi yang penting dilakukan organisasi olahraga adalah melalui aktivitas kehumasan.
Oleh karenanya buku ini hadir untuk menawarkan gagasan mengenai bagaimana organisasi olahraga mengelola aktivitas kehumasan tersebut. Ada pun pembahasan dalam buku ini menghadirkan bagaimana aktivitas branding klub olahraga, mengkampanyekan cabang olahraga baru oleh federasi, hingga penanganan krisis oleh operator kompetisi