Pelatihan Instruksi Diri (Self-Instruction Training) Untuk Meningkatkan Derajat Daya Apung Akademik (Academic Buoyancy) Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini membahas pentingnya mahasiswa memiliki derajat academic buoyancy yang tinggi agar dapat mengatasi tantangan akademik sehari-hari dan mengatasi penurunan regularasi diri akademik (Martin & Marsh, 2009). Individu yang memiliki derajat academic buoyancy rendah atau sedang, memiliki hambatan untuk dapat mengatasi tantangan akademik sehari-hari dan kemunduran akademik. Kondisi ini menyebabkan rendahnya prestasi akademik yang dimiliki. Guna mengatasi permasalahan rendahnya derajat academic buoyancy ini, penelitian ini memberikan intervensi self-instruction training dari pendekatan CBT untuk membantu mahasiswa meningkatkan derajat academic buoyancy-nya. Tekhnik self-instruction training ini merupakan tekhnik modifikasi perilaku yang memiliki dua kegunaan, yaitu mengganti pola pikir negative terhadap diri sendiri, menjadi pola pikir yang positif, yang kemudian digunakan untuk mengarahkan individu dengan memberikan instruksi positif untuk melakukan perubahan perilaku menjadi lebih adaptif (Meichenbaum, dalam Martin & Pear 2015). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah single subject research dengan desain penelitian AB. Partisipan penelitian ini adalah seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran, berjenis kelamin laki-laki yang memiliki derajat academic buoyancy sedang. Hasil dari penelitian ini adalah tekhnik self-instruction training mampu meningkatkan skor derajat academic buoyancy partisipan penelitian.
Collections
- Master of Psychology [344]