dc.description.abstract | Pengetahuan tentang tindakan – tindakan yang harus dilakukan ketika gempa bumi terjadi
merupakan hal yang penting untuk menjaga diri kita ketika gempa numi terjadi. Namun, karena
masih minimnya sosialisasi kepada masyarakat jadi, masih banyak orang yang belum
mengetahui tentang tindakan – tindakan yang harus dilakukan ketika gempa bumi.
Pada penelitian ini penulis mencoba merancang dan membangun game edukasi tentang
tindakan – tindakan yang harus dilakukan ketika gempa bumi. Penulis memiliki target untuk
menambah wawasan masyarakat mengenai tindakan – tindakan yang harus dilakukan ketika
pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana gempa bumi, Badan Nasional Penanggulangan
Bencana (BNPB) telah melakukan penyuluhan ke masyarakat, salah satu bentuk
penyuluhannya adalah berupa menerbitkan buku yang berjudul “Buku Saku Tanggap Tangkas
Tangguh Menghadapi Bencana”. Namun hal tersebut kurang mendapat perhatian dari
masyarakat, karena hanya ada satu interaksi yang terjadi, yaitu masyarakat hanya melihat.
Dalam pembuatan game ini, penulis menggunakan Unity3D sebagai aplikasi pembuatan game
dan Adobe Illustrator untuk membuat gambar – gambar dalam game.
Kesimpulan pada penelitian ini, aplikasi Game Edukasi Siaga Bencana Gempa Bumi ini
dapat menambah wawasan masyarakat tentang tindakan – tindakan yang harus dilakukan
ketika pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana gempa bumi. Hal ini dibuktikan melalui
hasil rata – rata gain yang telah dihitung berdasarkan pengisian kuisioner oleh responden
sebelum memainkan game dan sesudah memainkan game. Rata – rata gain yang didapatkan
adalah 0,91. | en_US |