Pengembangan Media Pembelajaran Demonstration Student of Experiments (DSE) Berbasis Video Animasi pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA/ MA
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan dengan tujuan: (1) mengembangkan video animasi pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp); (2) mengetahui kelayakan dan kualitas video animasi pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp). Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Proses pengembangan produk video animasi dilakukan dengan membuat desain rancangan produk yang selanjutnya divalidasi oleh ahli media dan materi. Kemudian di ujicobakan kepada tiga pendidik SMA/MA serta 60 peserta didik terdiri- dari SMA 1 Cangkringan, SMA 2 Sleman, dan MA Taruna Qur’an untuk mengetahui kelayakan dan kualitas video animasi yang dikembangkan. Instrumen penilaian yang digunakan meliputi lembar penilaian produk dan daftar pertanyaan wawancara. Produk dalam penelitian pengembangan ini adalah video animasi pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk kelas XI SMA/MA. Produk video animasi memiliki kualitas sangat baik (SB) menurut penilaian pendidik SMA/MA dengan persentase 82% dan penilaian peserta didik dengan persentase meliputi SMA 1 Cangkringan 87%, SMA 2 Sleman 85% dan MA Taruna Quran 86%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka media pembelajaran Demonstration Student of Experiments (DSE) berbasis video animasi pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran di SMA/MA.
Collections
- Chemistry [535]