UPAYA CULINARY DIPLOMACY DALAM MEMBENTUK SOFT POWER INDONESIA
Abstract
Indonesia dikenal memiliki banyak ragam budaya dan memiliki berbagai
macam jenis kuliner yang tersebar diberbagai belahan nusantara. Pada tahun 2011
kuliner Indonesia masuk kedalam kategori “The Best Food” versi CNN, yaitu
rendang, sate ayam, nasi goreng, dan gado-gado. Hal tersebut mencuri perhatian
dari berbagai kalangan state actor dan non-state actor. Sebelumnya kuliner bisa
dijadikan alat untuk berdiplomasi, seperti yang dilakukan oleh negara tetangga
yaitu Thailand dan Malaysia yang telah lebih dulu mempopulerkan istilah
culinary diplomacy. Negara Thailand dan Malaysia memanfaatkan berbagai
macam kuliner khas negaranya untuk memikat masyarakat asing yang berdampak
negara tersebut dicap positif oleh masyarakat internasional. Adanya dampak
positif yang didapatkan oleh masyarakat asing akan berdampak baik bagi suatu
negara guna mempengaruhi soft power yang dimiliki oleh negara tersebut.
Penelitian ini nantinya akan mengarah kepada bentuk atau capaian level yang
dimiliki oleh soft power Indonesia dalam culinary diplomacy.
Collections
- International Relations [502]