Efektivitas Terapi Al-Fatihah Reflektif Intuitif Terhadap Peningkatan Kepatuhan Minum Obat ARV Pada Ibu Rumah Tangga Dengan HIV Positif
Abstract
Ibu Rumah Tangga dengan HIV menjadi populasi tertinggi kedua penderita
HIV/AIDS di Yogyakarta apabila diurutkan menurut data pekerjaan. Kepatuhan
minum obat Antiretroviral (ARV) masih menjadi permasalahan berkepanjangan
yang dialami oleh sebagian besar Ibu Rumah Tangga dengan HIV Positif.
Meskipun menawarkan banyak dampak positif bagi kehidupan ODHA, banyak
dari penelitian yang menyebutkan angka kepatuhan yang rendah atau
ketidakpatuhan yang tinggi pada ODHA dalam mengkonsumsi ARV. Konstruk
psikologi Islami seperti religiusitas ditemukan memiliki hubungan dengan
kepatuhan minum obat, bahkan keyakinan pada agama serta ketergantungan pada
iman menjadi salah satu faktor yang mendukung kepatuhan ODHA dalam
mengkonsumsi ARV. Oleh karena itu, Terapi Al-Fatihah Reflektif Intuitif dipilih
sebagai pendekatan Islami yang akan digunakan dengan tujuan untuk mengetahui
efektivitasnya dalam meningkatkan kepatuhan minum obat ARV pada Ibu Rumah
Tangga dengan HIV positif.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen non-equivalent control group
design dengan subjek Ibu Rumah Tangga dengan HIV positif berjumlah 8 orang
dengan rentang usia 28-48 tahun yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol. Kepatuhan minum obat diukur menggunakan skala MMAS-8
yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan dimodifikasi sesuai
kondisi subjek penelitian yaitu pasien HIV/AIDS oleh Manuaba & Yasa (2017).
Terapi Al-Fatihah Reflektif Intuitif diberikan kepada kelompok eksperimen dalam
empat pertemuan dengan durasi 60-180 menit tiap pertemuan. Berdasarkan uji
hipotesis dengan anava mixed design tidak ada pengaruh dari diberikannya Terapi
Al-Fatihah Reflektif Intuitif terhadap kepatuhan minum obat pada Ibu Rumah
Tangga dengan HIV positif. Hal ini ditunjukkan dari nilai F=0,903; Sig(p)=0,431
(p>0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 13,1% dengan tingkat kepercayaan
data 0,17 dari 0-1.
Collections
- Psychology [2173]