TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TIDAR KOTA MAGELANG
View/ Open
Date
2019-09-12Author
UTAMI OKTAVIANA KUSUMA WARDANI, 14613238
Metadata
Show full item recordAbstract
Instalasi farmasi merupakan fasilitas penyelenggara pelayanan
kefarmasian. Pelayanan kefarmasian berperan penting dalam upaya kesehatan
untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Pelayanan
kesehatan yang bermutu dapat dilihat dari tingkat kepuasan pasien terhadap jasa
pelayanan yang didapatkan di suatu fasilitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi
Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Tidar Kota Magelang terhadap mutu
pelayanan kefarmasian. Penelitian merupakan jenis penelitian non eksperimental
dengan rancangan observasional yang bersifat deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Pengumpulan data didapatkan dari hasil pemberian kuesioner (self
administered) kepada responden rawat jalan yang menebus obat di instalasi
farmasi Rumah Umum Daerah Tidar Kota Magelang, responden penelitian
sebanyak 120 pasien yang dipilih secara accidental sampling. Analisis data yang
dikumpulkan selanjutnya dilakukan pengolahan data dengan menggunakan
analisis deskriptif. Hasil yang didapatkan pada masing-masing dimensi yaitu
dimensi tingkat kepuasan tertinggi adalah dimensi assurance (kepastian) sebesar
77,02% yaitu petugas ramah dan sopan kepada pasien saat memberikan obat
sedangkan dimensi tingkat kepuasan terendah adalah tangibles (berwujud) sebesar
73,19% yaitu terkait fasilitas ruang tunggu. Kemudian data dilakukan analisis uji
korelasi spearman rank dan kendall tau sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
hubungan yang signifikan antara karakteristik sosiodemografi pasien dengan
tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Tidar Kota Magelang.
Collections
- Pharmacy [1444]