EFIKASI DIRI DAN KECURANGAN AKADEMIK PADA SISWA SMA
Abstract
Kecurangan akademik adalah suatu tindakan untuk mencapai suatu hasil akademik yang telah di targetkan namun dengan cara yang tidak seharusnya. Penelitian ini bertujuan untuk memhami hubungan antara efikasi diri dan kecurangan akademik pada siswa SMA. Efikasi diri memberikan dapat memberikan efek yang positif dan juga efek negative serta menumbuhkan kepercayaan diri dalam belajar. Responden dalam penelitian ini adalah 38 siswa laki-laki dan 62 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dalam bentuk skala efikasi diri dan skala kecurangan akademik yang diberikan kepada masing-masing responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif antara efikasi diri dan kecurangan akademik pada siswa SMA dengan koefisien korelasi (r) -0.294. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif antara efikasi diri dan kecurangan akademik pada siswa SMA. Semakin tinggi tingkat efikasi diri siswa, maka akan menurunkan tingkat kecurangan akademiknya. Jika dilihat dari hasil perolehan regresi antara aspek-aspek efikasi diri dan variabel kecurangan akademik sebesar r= 0.322.
Collections
- Psychology [2173]