TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM MAGELANG
Abstract
Instansi pelayanan kefarmasian dituntut untuk menerapkan pelayanan yang
bermutu dibidang kesehatan. Pelayanan yang bermutu dapat dilihat, salah satunya
dengan melihat dari tingkat kepuasan pasien. Kepuasan pasien menjadi bagian
yang menyeluruh dan kegiatan jaminan mutu dalam pelayanan kesehatan, artinya
kepuasan pasien harus enjadi kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari mutu
pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat
kepuasan pasien dan untuk mengetahui hubungan karakeristik responden dengan
kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di instalansi farmasi
rumah sakit islam magelang. Penelitian bersifat deskriptif non eksperimental
dengan pengambilan sampel secara Insidental sampling, pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Hasil penelitian pada tingkat kepuasan pasien rawat
jalan terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi rumah sakit islam
magelang pada total semua dimensi dengan presentase sebesar 80,34%, pada
dimensi daya tanggap (Resvonsiveness) memiliki tingkat kepuasan paling tinggi
dengan persentase sebesar 81,03%, dimensi kepastian (Assurance) memiliki
tingkat kepuasan dengan persentase sebesar 80,93%, dimensi berwujud (Tangibel)
memiliki tingkat kepuasan dengan persentase sebesar 80,26%, dimensi keandalan
(Reliabelity) memiliki tingkat kepuasan persentase sebesar 80%, dan dimensi
empati (Empaty) memiliki tingkat kepuasan dengan persentase sebesar 79,25%.
Terdapat hubungan usia dengan tingkat kepuasan, tidak ada hubungan antara jenis
kelamin, pendidikan, pekerjaan dan golongan pasien dengan tingkat kepuasan
pasien rawat jalan di instalasi farmasi rumah sakit islam magelang.
Collections
- Pharmacy [1444]