Show simple item record

dc.contributor.authorUmmu Wahidatul Laily, 00312236
dc.date.accessioned2019-10-09T04:20:43Z
dc.date.available2019-10-09T04:20:43Z
dc.date.issued2004-03-09
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15805
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel-variabel keuangan dan signaling yang disajikan dalam prospektus penawaran saham berpengaruh secara signifikan terhadap penentuan harga pasar saham perusahaan sesudah penawaran umum perdana (IPO). Penelitian ini dilakukan terhadap data sekunder. Populasinya adalah perusahaan go public yang telah tercatat di BEJ tahun 1995-1997. Dengan teknik purposive sampling, diperoleh sebanyak 30 perusahaan sebagai sampel. Penelitian ini penting dilakukan, mengingat bahwa studi tentang peranan informasi pada prospektus terhadap penentuan harga pasar saham di Indonesia belum banyak dilakukan, dan hasilnya tidak selalu konsisten. Masalah yang akan diteliti adalah bagaimana pengaruh variabel-variabel keuangan dan signaling dalam penentuan harga pasar saham. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menguji hipotesis. Hipotesis Alternatif (Ha) dirumuskan: variabel-variabel keuangan dan signaling baik secara individu maupun secara serentak berpengaruh signifikan dalam menentukan harga saham perusahaan yang melakukan IPO. Uji regresi linier berganda dilakukan untuk menguji hipotesis ini dengan bantuan program Eview. Uji t untuk menguji pengaruh variabel independen secara individu terhadap variabel dependennya, sedangkan uji F digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan. Hasil analisis menunjukan bahwa pada hari pertama sampai hari ketujuh hanya variabel Proceed yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada taraf signifikansi 5%, sedangkan variabel financial leverage, ROA, EPS, type penawaran,indeks rata-rata saham industri, dan kuahtas underwritter tidak berpengaruh pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji F menunjukan bahwa ketujuh variabel independen tersebut secara serentak berpengaruh secara seretak pada hari ketiga sampai ketujuh. R-square antara 40,70%-48,09%, yang berarti bahwa perubahan variabel dependen marnpu dijelaskan sekitar 40%-48% oleh perubahan variabel independen, sedangkan sekitar 60% Iainya dijelaskan oleh variabel di luar model.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Pengaruh Variabel-Variabel Keuanganen_US
dc.subjectSignalingen_US
dc.subjectPenentuan Harga Pasar Sahamen_US
dc.subjectBursa Efek Jakarta. (1995-1997)en_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Variabel-Variabel Keuangan dan Signaling terhadap Penentuan Harga Pasar Saham di Bursa Efek Jakarta. (1995-1997)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record