Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Sumedi P. Nugraha, M. Ed., Ph.D, Psikolog
dc.contributor.advisorYulianti Dwi Astuti, S. Psi., M. Soc. Sc,
dc.contributor.authorEMIL LATIFANY MASRIZAL
dc.date.accessioned2019-09-23T03:53:55Z
dc.date.available2019-09-23T03:53:55Z
dc.date.issued2019-07-09
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15716
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari psikoedukasi PIJAR dalam meningkatkan pengetahuan guru tentang pendidikan seksual di sekolah dasar "X". Penelitian ini menggunakan eksperimen two groups pretest-posttest design dengan 12 peserta (6 kelompok eksperimen & 6 kelompok kontrol). Koefisien reliabilitas adalah 0,706. Modul psikoedukasi dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori Bruess dan Greenberg (1981) dengan beberapa modifikasi agar sesuai dengan kebutuhan sekolah dasar "X". Data dianalisis menggunakan metode T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan guru tentang pendidikan seksual antara mereka yang berada di kelompok eksperimen dan yang di kelompok kontrol (Mann-Whitney p = 0,004 di mana p <0,05; rata-rata kelompok kontrol = 9,00 dan kelompok eksperimen = 13,33). Kesimpulannya, psikoedukasi mampu meningkatkan pengetahuan guru tentang pendidikan seksual di sekolah dasar "X".en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectModul PIJAR, Psikoedukasi, Pendidikan Seksual, Guruen_US
dc.titleModul Pijar Sebagai Media Psikoedukasi Pendidikan Seksual Pada Guruen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US
dc.Identifier.NIM15915048


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record