Modul Pijar Sebagai Media Psikoedukasi Pendidikan Seksual Pada Guru
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari psikoedukasi PIJAR dalam meningkatkan pengetahuan guru tentang pendidikan seksual di sekolah dasar "X". Penelitian ini menggunakan eksperimen two groups pretest-posttest design dengan 12 peserta (6 kelompok eksperimen & 6 kelompok kontrol). Koefisien reliabilitas adalah 0,706. Modul psikoedukasi dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori Bruess dan Greenberg (1981) dengan beberapa modifikasi agar sesuai dengan kebutuhan sekolah dasar "X". Data dianalisis menggunakan metode T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan guru tentang pendidikan seksual antara mereka yang berada di kelompok eksperimen dan yang di kelompok kontrol (Mann-Whitney p = 0,004 di mana p <0,05; rata-rata kelompok kontrol = 9,00 dan kelompok eksperimen = 13,33). Kesimpulannya, psikoedukasi mampu meningkatkan pengetahuan guru tentang pendidikan seksual di sekolah dasar "X".
Collections
- Master of Psychology [347]