IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM ASPEK TUJUAN DAN KONTEN DI MI MUHAMMADIYAH KARANGANYAR JAWA TENGAH DAN SDIT SALMAN AL FARISI 2 YOGYAKARTA
Abstract
Setiap sekolah berbasis islam memiliki ciri khas masing masing tersebab berbedanya sejarah dan ideologi yang dibawa oleh pendirinya. Sekolah Dasar Islam Terpadu dan Madrasah Ibtidaiyah menjadi salah satu contohnya. Perbedaan ini akan berdampak pada banyak aspek di sekolah selama proses pelaksanaan pembelajaran berlangsung, terutama bagaimana dan seperti apa konsep implementasi pendidikan islam yang disampaikan oleh masing masing sekolah melalui kurikulum yang diajarkan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, tempat penelitian di dua sekolah yaitu MI Karanganyar Jawa Tengah dan SDIT Salman Al Farisi 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan implementasi kurikulum aspek tujuan dan konten di MI Muhammadiyah Karanganyar mengikuti kurikulum Departemen Agama yang menjadikan Pendidikan Islam menjadi mata pelajaran secara spesifik. Sedangkan SDIT Salman Al Farisi 2 dengan menginternalisasi nilai keislaman pada semua mata pelajaran umum dan materi islam secara lebih luas disampaikan ketika pendampingan diluar mata pelajaran.
Collections
- Islamic Education [862]