Persepsi Akuntan dan Mahasiswa terhadap Etika Bisnis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menguji secara empms perbedaan persepsi terhadap etika bisnis oleh akuntan dan mahasiswa. Pengujian tambahan dilakukan untuk mengetahui perbedaan persepsi terhadap etika bisnis oleh mahasiswa tingkat awal dan tingkat akhir, serta perbedaan persepsi terhadap etika bisnis di antara akuntan pendidik, akuntan publik, dan akuntan pendidik yang sekaligus akuntan publik. Analisis didasarkan pada responden dari 60 responden yang pengumpulan datanya melalui kuesioner yang penyebarannya dilakukan dengan cara convenience.
Untuk mencapai tujuan penelitian ini, maka digunakan independent sample ttest dan Mann-Whitney U test untuk menguji beda dua rata-rata, serta One-Way ANOVA dan Kruskal-Wallis H untuk menguji beda lebih dari dua rata-rata. Hasil ttest untuk keseluruhan pertanyaan (32 item) tentang situasi pengambilan keputusan etis yang diajukan menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara persepsi akuntan dan persepsi mahasiswa terhadap etika bisnis, di mana akuntan mempunyai persepsi yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa. Hasil t-test lainnya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan diantara perscpsi mahasiswa tingkat awal dan persepsi tingkat akhir terhadap etika bisnis, di mana mahasiswa tingkat awal mempunyai kecenderungan persepsi yang Jebih baik dibandingkan dengan mahasiswa tingkat akhir. Sedangkan hasil ANOVA menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan di antara persepsi ketiga kelompok akuntan; akuntan pendidik, akuntan publik dan juga akuntan pendidik yang sekaligus sebagai akuntan publik, dengan kecenderungan akuntan pendidik yang sekaligus akuntan publik mempunyai perspsi yang paling baik dib' and' ingkan yang lainnya.
Kata kunci: Etika bisnis, persepsi, akuntan, mahasiswa.
Collections
- Akuntansi [4403]