Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV) pada Perusahaan Nonfinansial di Indonesia
Abstract
Aktivitas pasar modal yang semakin meningkat menjadikan informasi yang akurat dan relevan dalam pengambilan keputusan investasi semakin diperlukan. Salah satu informasi yang dianggap akurat dan relevan adalah rasio keuangan. Rasio keuangan yang sering digunakan dalam pengambilan keputusan investasi adalah PER (Price Earning Ratio) dan PBV (Price Book Value). Sehingga analisis terhadap faktor-faktor yang berpengaruh dan besarnya pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap price earning ratio (PER) dan price to book value (PBV) pada suatu perusahaan mempunyai arti penting bagi investor sebelum mengambil keputusan investasi.
Populasi penelitian ini adalah perusahaan nonfinansial yang terdaftar di BEJ pada tahun 1997-2003. Sampel ditentukan dengan metode purposive random sampling. Sampel yang diperoleh dalam penelitian ini sebanyak 92 perusahaan (untuk data PER sebagai variabel dependen) dan 91 perusahaan (untuk data PBV sebagai variabel dependen). Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu PER dan PBV, sedangkan variabel independennya yaitu LAND, CORP, FIN, INDV, FOR, BETA, EG, DG, DPO dan RES Hipotesis penelitian ini diuji mengunakan regresi linier dengan uji-t. dan tingkat signifikansi 5%.
Hasil penelitian untuk PER sebagai variabel dependen menunjukkan bahwa dari 10 faktor yang dianalisis ternyata hanya LAND, CORP, FOR, dan DPO yang secara positif dan signifikan dapat mempengaruhi perubahan PER. Sedangkan hasil penelitian pada PBV sebagai variabel dependen menunjukkan bahwa dari 10 faktor yang dianalisis ternyata hanya FOR dan RES yang secara positif dan signifikan dapat mempengaruhi perubahan PBV.
Collections
- Akuntansi [4519]