dc.description.abstract | Tsunami adalah sebuah bencana alam yang berbentuk perpindahan badan air yang
disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Indonesia sendiri
merupakan negara yang rawan terkena bencana tsunami, akan tetapi tingkat kesadaran dari
masyarakat di Indonesia tentang tanda-tanda tsunami masih sangat kurang.
Berdasarkan hal itu maka dibangunlah sebuah gim berbasis Android dengan materi
mitigasi tsunami untuk menarik minat masyarakat dan memberikan pengetahuan tentang
bahaya dan bagaimana bertahan hidup di saat terjadi tsunami. Seiring dengan maraknya
penggunaan ponsel pintar yang dapat digunakan untuk berbagai hal termasuk bermain gim,
maka dibuatlah gim dengan tujuan edukasi mitigasi tsunami yang menggunakan ponsel pintar
sebagai media pembelajaran.
Gim dikembangkan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation) dan perancangan desain menggunakan HIPO (Hierarchy plus
Input-Process-Output) lalu dibuatlah sebuah gim yang berisikan materi-materi mitigasi
tsunami dengan genre gim adventure quest.
Hasil yang diperoleh dari keseluruhan penelitian menunjukkan bahwa gim yang
dibangun sudah sesuai harapan, yaitu gim ini dapat membantu masyarakat mengetahui gejalagejala
tsunami dan langkah-langkah untuk dapat bertahan hidup. | en_US |