ANALISIS PENURUNAN DAN WAKTU KONSOLIDASI PADA PERBAIKAN TANAH LUNAK DENGAN METODE PRELOADING DAN PREFABRICATED VERTICAL DRAIN DENGAN PEMODELAN MOHR COULOMB
Abstract
Pembangunan kontruksi tidak semuanya dibangun di atas tanah yang memenuhi syarat seperti kondisi tanah lunak. Tanah lunak yang terdiri dari tanah lempung (clay) dan tanah lanau (silt) memiliki kadar air tinggi. Tanah ini pada umumnya mempunyai daya dukung yang rendah dan memiliki sifat permeabilitas yang sangat rendah sehingga cenderung memiliki potensi penurunan konsolidasi yang besar dan waktu konsolidasi yang cukup lama.
Kombinasi antara metode preloading dengan pre-fabricated vertical drains (PVD) merupakan salah satu metode untuk mempercepat proses konsolidasi. Kombinasi pada metode ini dilakukan dengan cara memberikan beban awal yaitu berupa timbunan (preloading) pada tanah lempung yang telah diberi sistem drainase vertikal berupa PVD. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui percepatan waktu yang dihasilkan dari proses konsolidasi konvensional dibandingkan waktu yang diberikan oleh kombinasi preloading dan PVD untuk mencapai konsolidasi primer pada derajat konsolidasi yang sama.
Hasil penelitian pada tanah lunak di proyek pembangunan jembatan Tajum II Margasana Kabupaten Banyumas Jawa Tengah dengan perbaikan tanah memanfaatkan metode kombinasi preloading dan pre-fabricated vertical drains terbukti mampu mempercepat waktu konsolidasi dan tidak mempengaruhi besarnya penurunan . Besaran penurunan yaitu sebesar 0,39 m .PVD yang dipasang dengan pola segitiga dan jarak 1 m pada kedalaman 19 m mampu mempercepat konsolidasi sampai mencapai derajat konsolidasi 90% secara signifikan sekiatr 155 hari sedangkan tanpa menggunakan PVD memerlukan waktu sekitar 260 tahun atau lebih cepat sekiatar 61290 %. Faktor yang mempengaruhi cepatnya waktu konsolidasi adalah pola pemasangan PVD dan jarak pemasangan antara PVD. Pola segitiga merupakan pola yang paling efektif. Pada pemasangan PVD, semakin dekat pemasangan semakin cepat proses konsolidasi.
Collections
- Civil Engineering [4195]