Show simple item record

dc.contributor.advisorArrie Kurniawardhani S.Si., M.Kom.
dc.contributor.authorMustabiqul Khoir Linggar Pratama, 14523107
dc.date.accessioned2019-09-11T01:49:24Z
dc.date.available2019-09-11T01:49:24Z
dc.date.issued2019-04-22
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15199
dc.description.abstractSitus bersejarah merupakan peninggalan dari masa lalu yang sangat unik, selain memiliki nilai seni yang tinggi juga terdapat beberapa informasi di beberapa situs. Salah satu situs yang memiliki informasi adalah candi Borobudur. Candi Borobudur memiliki informasi yang dipahatkan pada setiap dinding candi yang disebut relief. Relief merupakan informasi yang dipahat oleh masyarakat zaman itu untuk menjadi pembelajaran dan sebagai informasi bagi generasi setelahnya. Berdasarkan hasil analisis dan wawancara kepada salah satu edukator candi Borobudur, Balai Konservasi Borobudur sendiri sudah memiliki aplikasi yang dapat menerjemahkan relief pada candi Borobudur. Namun cerita yang terdapat dalam aplikasi tersebut hanya relief Jataka. Sehingga diperlukan pengembangan aplikasi untuk menambahkan cerita dari relief lainnya. Berangkat dari permasalahan tersebut maka diangkatlah judul “Aplikasi Animasi 3D Cerita Relief Lalitavistara Berbasis Android Augmanted Reality dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking”. Pengembangan kali ini dilakukan dengan mengunakan metode ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation dan software Unity 3D. Berdasarkan hasil pengembangan aplikasi dengan metode ADDIE didapatkan sebuah aplikasi yang mampu memberikan informasi yang ada pada relief candi. Hal ini dibuktikan dengan pengujian aplikasi melalui kusioner kepada pengunjung dan arkeolog di Balai Konservasi Borobudur. Dari kuisioner pengunjung, aplikasi yang dibangun memperoleh nilai 4,29 pada aspek fungsi dan nilai 4,37 pada aspek satisfaction dari skala 1-5. Hal ini menunjukan kategori “sangat layak”. Sedangkan dari hasil kuisioner arkeolog, aplikasi yang dibangun memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,06 pada aspek fungsi, nilai 4,04 pada aspek materi, nilai 3,46 pada aspek model, dan nilai 4,25 pada aspek satisfaction dari skala 1-5. Hal ini menunjukan kategori “layak”. Sehingga dapat diketahui bahwa Aplikasi Animasi 3D Cerita Relief Candi Borobudur dengan Teknologi Augmented Reality ini berhasil dikembangkan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectADDIE,en_US
dc.subjectAugmented Realityen_US
dc.subjectBalai Konservasi Borobuduren_US
dc.subjectBorobuduren_US
dc.subjectRelief Lalitavistaraen_US
dc.titleAPLIKASI ANIMASI 3D CERITA RELIEF LALITAVISTARA BERBASIS ANDROID AUGMANTED REALITY DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKINGen_US
dc.typeUndergradute Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record