dc.description.abstract | Situs bersejarah merupakan peninggalan dari masa lalu yang sangat unik, selain memiliki
nilai seni yang tinggi juga terdapat beberapa informasi di beberapa situs. Salah satu situs yang
memiliki informasi adalah candi Borobudur. Candi Borobudur memiliki informasi yang
dipahatkan pada setiap dinding candi yang disebut relief. Relief merupakan informasi yang
dipahat oleh masyarakat zaman itu untuk menjadi pembelajaran dan sebagai informasi bagi
generasi setelahnya. Berdasarkan hasil analisis dan wawancara kepada salah satu edukator
candi Borobudur, Balai Konservasi Borobudur sendiri sudah memiliki aplikasi yang dapat
menerjemahkan relief pada candi Borobudur. Namun cerita yang terdapat dalam aplikasi
tersebut hanya relief Jataka. Sehingga diperlukan pengembangan aplikasi untuk menambahkan
cerita dari relief lainnya. Berangkat dari permasalahan tersebut maka diangkatlah judul
“Aplikasi Animasi 3D Cerita Relief Lalitavistara Berbasis Android Augmanted Reality dengan
Menggunakan Metode Marker Based Tracking”.
Pengembangan kali ini dilakukan dengan mengunakan metode ADDIE (Analysis Design
Development Implementation Evaluation dan software Unity 3D. Berdasarkan hasil
pengembangan aplikasi dengan metode ADDIE didapatkan sebuah aplikasi yang mampu
memberikan informasi yang ada pada relief candi. Hal ini dibuktikan dengan pengujian aplikasi
melalui kusioner kepada pengunjung dan arkeolog di Balai Konservasi Borobudur. Dari
kuisioner pengunjung, aplikasi yang dibangun memperoleh nilai 4,29 pada aspek fungsi dan
nilai 4,37 pada aspek satisfaction dari skala 1-5. Hal ini menunjukan kategori “sangat layak”.
Sedangkan dari hasil kuisioner arkeolog, aplikasi yang dibangun memperoleh nilai rata-rata
sebesar 4,06 pada aspek fungsi, nilai 4,04 pada aspek materi, nilai 3,46 pada aspek model, dan
nilai 4,25 pada aspek satisfaction dari skala 1-5. Hal ini menunjukan kategori “layak”.
Sehingga dapat diketahui bahwa Aplikasi Animasi 3D Cerita Relief Candi Borobudur dengan
Teknologi Augmented Reality ini berhasil dikembangkan. | en_US |