Sekolah Luar Biasa D Tuna Daksa dengan Penekanan pada Tuntutan Kemudahan Mobilitas bagi Tuna Daksa dan Kontrol Bagi Pembina serta Penampilan Bangunan yang Bisa Mendukung Tujuan Pendidikan dalam Mengatasi Masalah Tuna Daksa
Abstract
Permasalahan yang dihadapi tuna daksa kompleks meliputi jasmani, psikologis
dan sosial. Penderita cacat umumnya terbatas kemampuan kecakapan kerja, ketrampilan
dan pengetahuanya sehubungan dengan keterbatasan pendidikan yang diperolehnya.
Kehilangan salah satu fungsi bagian tubuh baik tangan maupun kaki akan
mengakibatkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Karena kecacatanya kemampuan
gerak dan fisiknya menjadi terbatas sehingga mobilitas menjadi terganggu, oleh sebab
itu diperlukan fasilitas-fasilitas khusus yang membantu tuna daksa dalam bermobilitas.
Tetapi pada kenyataanya SLB-D yang ada tidak menyediakan fasilitas yang mendukung
Tuna daksa dalam bermobilitas. Oleh sebab itu diuperlukan suatu SLB-D yang
menyediakan fasilitas yang dapat mendukung kemudahan tuna daksa dalam
bermobilitas. Untuk membina penderita kearah individu mandiri, disiplin dan
bertanggung jawab maka diperlukan suatu kontrol yang dilakukan oleh pembina
terhadap penderita.
Permasalahanya yaitu bagaimana merancang suatu SLB-D yang memberikan
kemudahan bagi tuna daksa dalam bermobilitas dan kontrol bagi Pembina serta
penampilan yang bisa mendukung dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi
tuna daksa.
Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka dilakukan suatu analisa yang
didasarkan pada kemudahan mobilitas dan kontrol, yaitu dengan pola dan kualitas ruang
sirkulasi serta tata ruang yang memberikan kemudahan mobilitas dan kontrol. Bentuk
penampilan bangunan yang mendukung yaitu penampilan bangunan dengan upaya
untuk menghilangkan sikap diskriminasi masyarakat terhadap tuna daksa dengan
mensejajarkan performance bangunan dengan bangunan pendidikan pada umumnya.
Dan penampilan yang berdasarkan pada tuntutan aktivitas. Dengan analisa yang
dilakukan maka menghasilkan suatu konsep perencanaan dan perancangan yang
diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada.
Collections
- Architecture [3718]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Study Kenyamanan Ruang Gerak Berdasarkan Perilaku Siswa SLB-D Tuna Daksa, Study Kasus pada SLB-D Kalibayem Jogjakarta
Lutfiatul L, Silfi (UII Yogyakarta, 2004)Anak-anak merupakan salah satu aset bangsa yang harus dilindungi keberadaannya. Anak-anak bukan berarti hanya yang normal saja tetapi juga anak-anak yang mempunyai kecacatan. Anak-anak ini sudah selayaknya diberi fasilitas ... -
Sekolah Luar Biasa D Tuna Daksa
Shimayanti, Heni (UII Yogyakarta, 2002)Permasalahan yang dihadapi tuna daksa kompleks meliputi jasmani, psikologis dan sosial. Penderita cacat umumnya terbatas kemampuan kecakapan kerja, ketrampilan dan pengetahuanya sehubungan dengan keterbatasan pendidikan ... -
DESAIN KURSI RODA UNTUK DIFABEL DAKSA YANG ERGONOMI DAN INOVATIF
Muhammad Kamaludin Alafgani, 14522044 (Universitas Islam Indonesia, 2018-11)Sebagai manusia normal semua ingin menjalani hidup dan berkegiatan sehari-hari dengan mudah. Keterbatasan fisik seseorang seringkali menjadikan kegiatan yang dilakukan dalam kesehariannya tidak bisa berlangsung dengan ...