ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) (Studi Kasus Di Warkop Bardiman Yogyakarta)
Abstract
Coffee Shop berkembang akibat meningginya kebiasaan minum kopi pada masyarakat Indonesia.
Selain itu tidak sedikit dari pelaku usaha tersebut juga menjadikan fenomena tersebut sebagai
ajang memperkenalkan produk kopi yang berasal dari Indonesia pada dunia. Di Indonesia para
penikmat kopi tidak mengenal usia di mana terdapat dari usia muda hingga dewasa yang
menjadikan kebiasaan meminum kopi menjadi kebiasaan dalam menemani kegiatan harian
mereka. Selain menyajikan rasa kopi yang berbeda dari Coffe shop lain, perusahaan harus
menyediakan tempat, fasilitas,desain interior, pelayanan yang berbeda dari Coffe Shop lainnya.
Penelitian ini dilakukan di Warkop Bardiman. Warkop Bardiman merupakan suatu usaha yang
bergerak pada bidang indsutri Coffe shop. Warkop Bardiman Kopi menjual berbagai macam jenis
kopi dari Arabica dan banyak terseia di Warkop Bardiman dengan berbagai macam varian. menju
Industri melakukan operasi sejak tanggal 24 April 2014, di mana Warkop Bardiman ini berlamat
pada Jl. Seturan Raya, Kav. Madukismo No.31, Yogyakarta. Pada penelitian ini akan mencoba
mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pada Warkop Bardima.
Terdapat 20 atribut dalam penelitian ini, kemudian melalui kuesioner dengan menggunakan
metode Sevqual untuk mengetahui nilai Gap terbesar dalam atribut kemudian diintregasikan
dengan metode CSI untuk melihat tingkat kepentingan pada tiap dimensi dan atribut. Atribut yang
harus ditingkatkan adalah dekorasi tempat yang bias untuk kalangan semua umur, kejelasan
informasi di buku menu, kecepatan waktu penyajian yang sesuai, ketepatatan karyawan dalam
memberikan informasi menu, dan kesediaan karyawan dalam mendampingi pelanggan dalam
memilih menu. Hasil penelitian berupa saran atau usulan terhadap atribut-atribut yang
diprioritaskan untuk ditingkatkan.
Collections
- Industrial Engineering [2220]