Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Hujair AH Sanaky, MSI
dc.contributor.authorMuhammad Zaki Mubarok, 14422026
dc.date.accessioned2019-03-18T02:22:20Z
dc.date.available2019-03-18T02:22:20Z
dc.date.issued2019-02-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14121
dc.description.abstractAda dua alasan utama perlunya reorientasi pendidikan Islam di Indonesia untuk mewujudkan wacana masyarakat madani. Yang pertama, konsep pendidikan Islam dan praktik-praktiknya dianggap terlalu sempit dan hanya dipergunakan pada kepentingan orang-orang yang selanjutnya. Yang kedua, lembaga pendidikan Islam belum mampu atau kurang untuk memenuhi kebutuhan umat Islam untuk menghadapi tantangan di dunia modern. Oleh karena itu, upaya reformasi pendidikan dapat diarahkan dengan mantap, jika didasarkan pada beberapa strategi dan langkah-langkah, diantaranya: reorientasi kerangka dasar filosofis dan teoritis dasar pendidikan, visi dan misi pendidikan Islam, strategi pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, metodologi pendidikan Islam, dan manajemen dan sumber daya pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang difokuskan pada perkembangan pendidikan Islam di era Reformasi, dengan objek kajiannya pada reorientasi pendidikan Islam dalam perspektif masyarakat madani dengan pendekatan kajian kepustakaan (library research), sedangkan teknik analisis menggunakan metode content analysis. Dalam melakukan content analysis penulis melakukan seleksi sumber kepustakaan yang berisi teks/tulisan yang dijadikan sumber penelitian dalam rangka menarik kesimpulan mengenai reorientasi pendidikan Islam dalam perspektif masyarakat madani di era Reformasi. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa reorientasi pendidikan Islam di era Reformasi dipengaruhi oleh perkembangan pendidikan Islam di era Reformasi, modernisasi pendidikan Islam serta lembaga pendidikan Islam belum mampu untuk memenuhi kebutuhan umat Islam. Oleh karena itu dalam konteks apapun pendidikan Islam mempunyai peran yang sangat penting untuk dijadikan sebagai kerangka dasar masyarakat madani. Pendidikan Islam memiliki kekuatan dan pengaruh yang luar biasa untuk mengubah apapun selama itu menjadi yang terbaik dan benar. Masyarakat dan berbagai lembaga penndidikan Islam berkeinginan untuk menjadikan pendidikan Islam sebagai salah satu pendidikan alternatif.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectReorientasien_US
dc.subjectPendidikan Islamen_US
dc.subjectReformasien_US
dc.subjectMasyarakat Madanien_US
dc.titleREORIENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT MADANI ERA REFORMASI DI INDONESIAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record