Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Drs. H. Ahmad Darmadji M.Pd
dc.contributor.authorM. Ridlo Cholif Zulfian, 14422043
dc.date.accessioned2019-03-14T02:59:51Z
dc.date.available2019-03-14T02:59:51Z
dc.date.issued2019-02-20
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14022
dc.description.abstractBanyak hal yang dilakukan oleh guru dalam memberikan motivasi kepada peserta didik. Hadiah dapat menjadikan pendorong bagi peserta didik untuk belajar lebih baik dan lebih giat lagi. Dengan diberlakukan pemberian hadiah dan hukuman di MAN 5 Sleman, idealnya para peserta didik termotivasi untuk belajar akidah akhlak dan pelajaran yang lain juga, mematuhi peraturan- peraturan sekolah dan berprilaku sesuai yang diharapkan. Permasalahannya, fenomena yang ada hingga sekarang masih ada sebagian peserta didik yang membolos, absen tanpa alasan yang tepat, mengotori tembok, dan makan dikantin ketika sedang proses pembelajaran. Dalam penelitian ini penulis merumuskan suatu permasalahan yaitu: Bagaimana penggunaan metode hadiah dan hukuman dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI agama di MAN 5 Sleman?? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penggunaan metode hadiah dan hukuman dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI agama di MAN 5 Sleman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian hadiah dan hukuman efektif dalam memotivasi belajar akidah akhlak peserta didik kelas XI agama di MAN 5 Sleman. Hadiah dan hukuman yang di terapkan membawa dampak pada peserta didik. Dengan pemberian hadiah dan hukuman peserta didik bisa menjadi labih baik, rajin belajar, selalu mengikuti proses pembelajaran akidah akhlak, selalu mengerjakan tugas atau PR yang diberikan oleh bapak ibu guru, mematuhi tata tertib sekolah, tidak berkelahi disekolah. Sehingga dengan adanya hadiah dan hukuman tersebut mampu menjadikan peserta didik lebih baik, selain itu perkembangan motivasi belajar peserta didik MAN 5 Sleman sudah cukup baik dan efektif. Dengan hadiah dan hukuman tersebut mereka termotivasi untuk melakukan hal-hal yang positif yang bisa menghasilkan prestasi yang nantinya bisa membangkitkan dirinya sendiri.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPemberian hadiah dan hukumanen_US
dc.subjectMotivasi belajaren_US
dc.subjectPembelajaran akidah akhlaken_US
dc.titleEFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE HADIAH DAN HUKUMAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI AGAMA DI MAN 5 SLEMANen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record