Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. Imam Mujiono, M. Ag
dc.contributor.authorMuhammad Nur Muslim, 13422012
dc.date.accessioned2019-03-14T02:37:32Z
dc.date.available2019-03-14T02:37:32Z
dc.date.issued2019-02-20
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14019
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangai oleh fenomena ketika proses belajar mengajar disekolah, sering ditemukan banyak anak yang cerdas dalam intelektualnya, namun kurang kesadaran diri dalam memahami emosinya, kurang menyesuaikan diri dengan orang lain sehingga terhambat dalam kegiatan bersosial di sekolah. Namun ada juga peserta didik yang kurang dalam intelektualnya, mampu bersosialisasi dengan baik terhadap orang lain. Keterampilan dalam mengelola emosi, memahami emosi, motivasi diri, empati dan kemampuan membina hubungan dengan orang lain dinamakan kecerdasan emosional. Dalam menentukan hasil belajar, berkaitan dengan komponen penting yaitu kondisi internal dan eksternal siswa. Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor internal siswa yang mempengaruhi hasil dalam sebuah pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, ketika individu yang memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi, seharusnya memiliki tingkat hasil belajar yang tinggi pula. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional dan hasil belajar, serta untuk mengukur seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas XI MAN 4 Sleman. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini dilakukan di MAN 4 Sleman. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MAN 4 Sleman. Pengambilan data menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data ini menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan pada hasil penelitian, maka peneliti berkiesimpulan bahawa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua variable, yaitu kecerdasan emosional (X) terhadap hasil belajar (Y). Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan dari hasil analisis yang menggunakan uji regresi linear sederhana bahwa hasil nilai signifikansi 2-tailed (Sig. 2-tailed) sebesar 0,017 lebih kecil dari probabilitas o,05 (p = 0,017 < 0,05). Selain itu juga diperoleh tingkat kecerdasan emosional dengan kategori sedang sebesar 71,4% dan tingkat hasil belajar dengan kategori sedang sebesar 54,3%. Angka koefisien determinasi R Square sebesar 0,161, angka ini menunjukan bahwa pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar adalah sebesar 16,1%. Artinya, masih ada 83,9% yang merupakan variable atau faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yang memungkinkan memiliki pengaruh terhadap hasil belajar pada siswa di MAN 4 Sleman.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS XI MAN 4 SLEMAN, YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record