Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Dwi Handayani, S.T, M.Sc
dc.contributor.authorDanang Adi Kuncoro, 14522291
dc.date.accessioned2019-02-20T02:42:18Z
dc.date.available2019-02-20T02:42:18Z
dc.date.issued2019-01-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/13716
dc.description.abstractPerusahaan Daerah Air Mimun (PDAM) Banyumas memiliki jumlah pelanggan aktif dari total 5 wilayah PDAM Tirta Satri Banyumas sebanyak ±73.300 pelanggan. Hal ini juga akan berdampak terhadap kinerja dan operasional PDAM dalam memenuhi kebutuhan pelanggan serta kepuasan pelayanan perusahaan. Namun, kondisi yang dihadapi dalam penyediaan air minum saat ini antara lain masih rendahnya cakupan pelayanan air minum dan ketersediaan sumber air baku. Loyalitas pelanggan merupakan aset dan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan serta kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Kompleksitas masalah yang dihadapi perusahaan membutuhakan sistem yang dapat mengelola masalah atau risiko yang dihadapi. Maka, perlu dilakukannya manajemen risiko agar perusahaan dapat menjalankan sesuai tugas pokoknya. Metode yang digunakan untuk manajemen risiko pada operasional yaitu metode Analytic network process (ANP). ANP mampu merepresentasikan tingkat kepentingan berbagai pihak dengan mempertimbangkan hubungan ketergantungan baik antar kriteria maupun subkriteria berdasarkan bobot dari dari pengambil keputusan terhadapat tingkat keberpengaruhan. Hasil dari penelitian ini risiko yang teridentifikasi adalah sebanyak 39 risiko dan dibagi kedalam 5 kelompok risiko. Risiko dengan kategori tinggi adalah kualitas supply yang buruk, debit air kecil, banyak pengaduan, kebocoran pipa, hutang, beban listrik tinggi dengan masing-masing nilai limiting sebesar 0,11074, 0,09119, 0,08842, 0,06197, 0,04889, 0,04806. Prioritas tersebut sebagai dasar pelaksanaan mitigasi sebanyak 33 strategi penanganan yang telah disarankanen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKepuasanen_US
dc.subjectManajemen Risikoen_US
dc.subjectAnalytic Network Processen_US
dc.subjectMitigasien_US
dc.titleANALISIS RISIKO OPERASIONAL DALAM SISTEM DISTRIBUSI AIR MINUM MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) (STUDI KASUS PDAM TIRTA SATRIA BANYUMAS)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record