ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEPPASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS MLATI II
Abstract
Puskesmas bertanggung jawab meningkatkan dan menyelenggarakan pelayanan kesehatan sebaik-baiknya. Waktu tunggu resep pasien rawat jalan di Puskesmas Mlati II dilakukan saat pasien menyerahkan resep sampai pasien menerima obat. Waktu tunggu resep salah satu komponen yang potensial menyebabkan ketidakpuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alur pelayanan resep, rata-rata waktu tunggu pelayanan resep dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan lamanya waktu tunggu pelayanan. Jenis penelitian adalah penelitian observasional deskriptif dengan rancangan cross sectional. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif. Data kuantitatif digunakan untuk mengukur waktu tunggu pelayanan resep sedangkan data kualitatif dan wawancara terstruktur kepada apoteker dan asisten apoteker sebagai data pendukung. Pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling. Sampel yang diambil untuk resep racikan yaitu 86 resep sedangkan sampel resep non racikan yaitu 120 resep. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan menghitung nilai mean, presentase dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan alur pelayanan resep dimulai dari penerimaan resep, pengkajian resep dan penulisan etiket, penyiapan obat, peracikan obat dan penyerahan obat. Rata-rata ± SD waktu tunggu resep yaitu resep racikan sebanyak 25,19 ± 8,30menit dan resep non racikan sebanyak 21,09 ± 9,15 menit. Faktor-faktor yang mempengaruhi waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan di Puskesmas Mlati II meliputi jumlah SDM, komunikasi dalam pelayanan, pengkajian resep dan persediaan obat yang diperoleh dari hasil wawancara terstruktur kepada apoteker dan asisten apoteker sebagai data pendukung.
Collections
- Pharmacy [1444]