dc.contributor.advisor | Galang Prihadi Mahardhika, S.Kom.,M.Kom | |
dc.contributor.author | Muhammad Aulia Arizal As’mi, 13523091 | |
dc.date.accessioned | 2019-01-31T05:36:51Z | |
dc.date.available | 2019-01-31T05:36:51Z | |
dc.date.issued | 2018-12-20 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/13417 | |
dc.description.abstract | Masa orientasi adalah tahap awal atau pengenalan dari adanya pertemuan sebuah
kelompok maupun organisasi (Sukardi, 2013). Dengan adanya orientasi awal ini diharapkan
para anggota akan mengenal satu sama lain dan mengakrabkan diri. Orientasi seperti ini sering
diterapkan pada bidang pendidikan. Mulai dari jenjang pendidikan awal sampai dengan
pendidikan tinggi selalu menerapkan orientasi pada awal masuk. Pada jenjang pendidikan
tinggi, masa orientasi dapat dilakukan dengan berbagai macam acara salah satunya adalah
pengenalan lingkungan kampus. Membuat acara pengenalan kampus pada masa orientasi yang
menarik dapat digabung dengan perkembangan teknologi saat ini. Teknologi yang berkembang
saat ini banyak menggunakan perangkat smartphone atau yang disebut dengan apps. Salah satu
apps yang populer saat ini adalah gim.
Salah satu gim yang dapat diimplementasikan dalam program pengenalan kampus adalah
gim yang menggunakan teknologi Augmented Reality. Penelitian dilakukan di lingkungan
kampus terpadu Universitas Islam Indonesia dengan mencari objek Augmented Reality
berbentuk kubus, bendera Indonesia, dan gedung 3D yang terdapat informasi setiap gedung
sesuai penempatan objek. Gim ini menggunakan lokasi sebagai syarat agar dapat menemukan
objek, jadi setiap pengguna harus mengaktifkan gps pada smartphone masing-masing agar
dapat dimainkan. Metodologi yang digunakan untuk pembuatan laporan adalah ADDIE yaitu
Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pada penelitian yang telah
dilakukan, terdapat beberapa penemuan yang dapat menjadi acuan untuk dapat membangun
aplikasi dengan sempurna. Penemuan yang terjadi di lapangan seperti gps yang tidak valid
membaca titik objek sehingga beberapa terlihat menumpuk satu sama lain.
Hasil yang didapatkan adalah sebuah aplikasi gim pengenalan lingkungan kampus
terpadu Universitas Islam Indonesia dengan menggunakan teknologi Augmented Reality
Location Based berbasis Android. Pemanfaatan gim ini dapat digunakan untuk metode terbaru
masa orientasi mahasiswa sebagai media pengenalan kampus yang berbeda dari sebelumnya. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Pengenalan Kampus | en_US |
dc.subject | Augmented Reality | en_US |
dc.subject | GPS | en_US |
dc.subject | objek kubus | en_US |
dc.subject | objek bendera | en_US |
dc.subject | objek gedung | en_US |
dc.title | GIM PENGENALAN LINGKUNGAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA DENGAN LOCATION BASED AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |