Show simple item record

dc.contributor.advisorGalang Prihadi Mahardhika, S.Kom.,M.Kom
dc.contributor.authorMuhammad Aulia Arizal As’mi, 13523091
dc.date.accessioned2019-01-31T05:36:51Z
dc.date.available2019-01-31T05:36:51Z
dc.date.issued2018-12-20
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/13417
dc.description.abstractMasa orientasi adalah tahap awal atau pengenalan dari adanya pertemuan sebuah kelompok maupun organisasi (Sukardi, 2013). Dengan adanya orientasi awal ini diharapkan para anggota akan mengenal satu sama lain dan mengakrabkan diri. Orientasi seperti ini sering diterapkan pada bidang pendidikan. Mulai dari jenjang pendidikan awal sampai dengan pendidikan tinggi selalu menerapkan orientasi pada awal masuk. Pada jenjang pendidikan tinggi, masa orientasi dapat dilakukan dengan berbagai macam acara salah satunya adalah pengenalan lingkungan kampus. Membuat acara pengenalan kampus pada masa orientasi yang menarik dapat digabung dengan perkembangan teknologi saat ini. Teknologi yang berkembang saat ini banyak menggunakan perangkat smartphone atau yang disebut dengan apps. Salah satu apps yang populer saat ini adalah gim. Salah satu gim yang dapat diimplementasikan dalam program pengenalan kampus adalah gim yang menggunakan teknologi Augmented Reality. Penelitian dilakukan di lingkungan kampus terpadu Universitas Islam Indonesia dengan mencari objek Augmented Reality berbentuk kubus, bendera Indonesia, dan gedung 3D yang terdapat informasi setiap gedung sesuai penempatan objek. Gim ini menggunakan lokasi sebagai syarat agar dapat menemukan objek, jadi setiap pengguna harus mengaktifkan gps pada smartphone masing-masing agar dapat dimainkan. Metodologi yang digunakan untuk pembuatan laporan adalah ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pada penelitian yang telah dilakukan, terdapat beberapa penemuan yang dapat menjadi acuan untuk dapat membangun aplikasi dengan sempurna. Penemuan yang terjadi di lapangan seperti gps yang tidak valid membaca titik objek sehingga beberapa terlihat menumpuk satu sama lain. Hasil yang didapatkan adalah sebuah aplikasi gim pengenalan lingkungan kampus terpadu Universitas Islam Indonesia dengan menggunakan teknologi Augmented Reality Location Based berbasis Android. Pemanfaatan gim ini dapat digunakan untuk metode terbaru masa orientasi mahasiswa sebagai media pengenalan kampus yang berbeda dari sebelumnya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengenalan Kampusen_US
dc.subjectAugmented Realityen_US
dc.subjectGPSen_US
dc.subjectobjek kubusen_US
dc.subjectobjek benderaen_US
dc.subjectobjek gedungen_US
dc.titleGIM PENGENALAN LINGKUNGAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA DENGAN LOCATION BASED AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROIDen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record